Workshop Motivasi Belajar Skholatanpabatas

Workshop Motivasi Belajar Skholatanpabatas di PA Mattampa Walie pada hari ahad tanggal 23 September 2012 memberi kesan pembelajar yang begitu beragam. Simak pendapat, komentar dan curhat mereka dalam mengikuti workshop ini ya

Rismawati, siswa kelas satu SMK Muhammadiyah 4 Tallo, Cerita yang menceritakan tentang kehidupan seorang pelajar yang harus pergi ke sekolah dengan jalan kaki,tanpa rasa lelah dan tidak pernah putus asa bahwa belajar adalah kunci dari  kesuksesan seseorang. Seorang siswa yang bernama Emi adalah siswa yang rajin membantu orang tuanya saat pulang sekolah dan tidak pernah merasakan bahwa walaupun miskin\tidak mampu tapi kalau kita mau berusaha pasti bisa hidup itu perjuangan.Seseorang yang mau merubah hidupnya itu pasti akan mampu menggapai cita-citanya. Hidup ini hanyalah sementara dan orang yang mau merubah sikapnya yang lalu yang selalu putuas asa, malas, dan tidak percaya diri akan menjadi orang yang percaya diri bahwa kegagalan adalah kunci dari keberhasilan dan yakin bahwa semangat itu adalah hal yang wajib. Dan dukungan dari orang tua itu pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

SEMANGAT BELAJAR UNTUK MENGGAPAI @ CITA-CITA

Herawati, dengan gaya bercerita yang unik, In a school yang terdapat dikampung Kali Bening (Junior School) SMP Qoriyah Toyyibah yang hanya memiliki 12 studentis and 9 teacter’s. But they are tetap bersungguh-sungguh and enjoy for study.

They are study disana saja and kapan saja because they are memiliki semangat and keingintahuan yang begitu besar for study.

Walaupun they are parents tidak mampu tapi because they are memiliki semangat untuk tetap belajar because they are all yakin walaupun hidup susah. Pasti ada dorongan dari parents. And they are yakin mereka pasti bisa.

Jadi, walaupun hidup kita seperti apa adanya tapi kalau kita memiliki semangat yang besar serta keberanian pasti kita bisa terjadi seperti apa yang kita cita-cita kan !!!

Menurut Nur Intan siswa kelas 9a MTs DDI Kalukuang bahwa dari video yang telah kakak-kakak perlihatkan kepada kami saya dapat merasakan kalau dalam belajar kita harus bersungguh-sungguh semangat dan harus bisa menghargai waktu. Selama ini saya tidak sadar kalau masih ada orang yang lebih membutuhkan biaya untuk sekolah tapi banyak orang tidak pernah menyadari itu.

Selama ini saya selalu berusaha untuk belajar dengan semangat tapi saya tidak bisa menemukan dimana kelemahan dan kelebihan saya. Saya sangat ingin sekali belajar dengan teman-teman saya tapi mereka sangat sibuk dengan dirinya sendiri.

Saya sangat ingin menyampaikan pendapat tapi saya tidak bisa mengeluarkannya dari mulut saya karena saya tidak bisa melawan malu tapi karena hari ini saya akan berusaha untuk bisa mengungkapkan itu, saya akan belajar dengan baik dan selalu bersungguh-sungguh dan tidak akan mengecewakan orang tua saya dan kakak-kakak semua yang telah meluangkan waktu untuk kami tapi kami tidak menghargai mereka dengan adanya kekhilafan kami terutama saya sendiri akan belajar lebih dan hari ini saya bisa mendapatkan motivasi untuk belajar kalau belajar itu tidak hanya di sekolah tetapi dimana pun kita harus belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh karena waktu itu adalah uang.

Rezky memilih mengawali kisahnya pada seorang gadis, Emi adalah seorang gadis kecil yang selalu membantu ibunya untuk menambah biaya sekolahnya, meskipun penghasilannya tak seberapa namun Emi memiliki rasa semangat yang tinggi dan tak pernah mengenal putus asa sekolahnya sangat jauh dari rumah bahkan melewati sawah tapi hal itu bukanlah suatu rintangan untuk menghalaginya atau membuatnya malas pergi ke sekolah.

Ismanto adalah siswa dari SMP Qaryiah Thayyibah. Ayahnya hanyalah seorang tukang, kerja keras ayahnya yang sangat tinggi karena sang ayah berharap anaknya meluangkan waktunya hanya untuk belajar.

Emi, seorang gadis kecil yang pandai bernyanyi dan menari ia memiliki kepercayaan bahwa dirinya pasti bisa.

Anak –anak desa ini memiliki semangat yang tinggi dan kemauan yang luar biasa meksipun fasilitas yang mereka gunakan tidak sama di kota tapi mereka adalah anak-anak yang kreatif dan selalu mencari sesuatu yang mereka belum ketahui. Mereka berani berbicara di depan umum dan berani untuk malu bukan berarti sesuatu yang negatif. Mereka membangun kebersamaan sehingga dapat meluangkan waktunya untuk happy bersama teman-temannya belajar dan terus belajar adalah sebuah kata yang tak boleh dihentikan dan tak mengenal lebih untuk mencari sesuatu yang mereka belum ketahui………….

Yang saya dapatkan dari cerita ini adalah sebuah motivasi atau dorongan untuk belajar tanpa batas tak mengenal lelah dan keberanian serta percaya diri.

Nur Baya tak ketinggalan menuangngkan pendapatnya, seorang anak yang giat dan rajin belajar yang mempunyai semangat yang tinggi pasti akan mendapatkan apa yang ia cari, meskipun jauh dari orang tua, mereka yakin dan percaya bahwa dia bisa dengan ketidak-mampuan ornag tuanya itu tidak menjadi penghalang baginya.

Dengan kegigihannya untuk mendapatkan ilmu dan rasa keingintahuannya itu mampu membuatnya menjadi berani dan tidak malu berbicara di depan orang banyak.

Mereka belajar tidak hanya di sekolah ataupun di rumah tapi mereka belajar di berbagai tempat seperti kebun dan sekolah yang sederhana dengan fasilitas kurang lengkap mereka tidak memandangnya, yang penting mereka belajar, karena tidak ada yang tidak mungkin bagi dia yang mau mencoba dan selagi kita masih mampu jangan pernah menyerah dan berputus asa untuk belajar dan mencapai cita-cita

Rosdiana siswa kelas sebelas TKJ SMK Muhammadiah 4 memiliki pendapat seperti ini, Motivasi seorang anak yang ingin sukses dalam belajar dan sukses walaupun keadan mereka pas-pasan tapi mereka selalu semangat dan tidak mudah putus asa untuk belajar supaya mereka bisa berhasil, karena bagi mereka belajar supaya bisa sukses dan bisa membahagiakan kedua orang tuanya.

Mamanya hanyalah penjual jamu sehari-hari dan pulang dari kerja ia membantu anaknya memberi semangat supaya bisa jadi anak yang sukses membanggakan bagi bangsa dan negara. Mereka bersekolah dangan sangat semangat sekali walaupun mereka tidak punya apa-apa tapi bagi mereka yang penting bisa dan sukses dalam belajar dan mereka pergi bersekolah berjalan kaki setiap harinya tanpa lelah mereka terus maju tanpa mengeluh sama sekali.

Makna yang saya dapat dari cerita ini adalah saya ingin jadi dia menjadi anak yang tanpa menyerah dan selalu semangat supaya cita-cita yang saya inginkan bisa tercapai dan sukses amin………………

Saya minta maaf kalau kata-katanya tidak nyambung karena manusia pasti ada salahnya dan kekuranganya.

Mirna siswa kelas delapan MTs DDI Kalukuang memberi kesan yang luarbiasa, Saya sangat terkesan melihat video yang diputarkan tadi karena meskipun kecil tetapi manfaatnya sangat besar.Yaitu mereka rela berjalan jauh-jauh demi mendapatkan sebuah pengetahuan, mereka juga rela pergi belajar di kebun untuk menambah pengetahuan mereka.

Dan begitu pula keadaan kami disini, kami jauh-jauh dari kampung halaman meninggalkan keluarga demi untuk mendapatkan pengetahuan dan begitu pula orang tua kami, mereka bangun tengah malam untuk mendoakan kita supaya pintar dan selalu mendengar nasehat yang baik/orang yang lebih tua dari kita.

Bukan hanya di sekolah kita dapat belajar, meskipun di tempat yang terbuka kita bisa belajar. Tempat yang bisa kita tempati belajar adalah kebun dan lain lain semua itu demi menambah pengetahuan. Dengan belajar dan terus belajar kita akan menjadi sukses dan menjadi orang yang hebat dan kita juga harus tegar dan berani mengungkapkan\mengemukakan pendapat tidak peduli benar atau salahnya. Sekian dan terima kasih

Similar Posts